Contact Form

Name

Email *

Message *

Tips Mempercepat Loading WordPress Secepat Kilat (Bagian 3 – Selesai)

Posted: 31 Jan 2017 02:57 AM PST
Oleh Joe Minanurrohman
Alhamdulillah kita bahas lagi tips mempercepat loading wordpress bagian ke-3. Sebelumnya saya sudah menyebutkan ada 7 cara, namun perlu diingat bahwa 7 cara tersebut bersifat alternative karena tidak semuanya kita lakukan bersamaan. Mungkin website kita cukup dipasang pluging cache loadingnya udah cepat tanpa memasang Gzip. Atau hanya memilih tema yang ringan tanpa install plugin macam-macam. But, sekali lagi ini hanya alternative
  1. Rutin bersihkan database website
Seiring waktu, database website kita akan menumpuk dan memperlambat loading. Tugas kita adalah rutin membersihkan database tersebut.
Ada sebuah plugin rekomendasi untuk Anda yang bernama WP-Optimize (https://wordpress.org/plugins/wp-optimize/). Plugin ini bisa membantu kita membersihkan semua data yang tidak diperlukan semacam sampah posting, sampah komentar, spam dan  pingbacks.
  1. Menghapus media yang tidak terpakai
Sudah dijelaskan pada bagian pertama dari artikel ini, bahwa media gambar mempunyai pengaruh 62 persen dari berat sebuah halaman. Disamping itu gambar-gambar akan menyedot space hosting. Nah, kali ini tugas kita menghapus media yang tidak terpakai. Caranya buka dashboard WP-Admin,  Media -> Library -> Unattached
Lihat gambar dibawah:
menghapus gambar
  1. Disable pingback dan trackbacks
Indikator website kita diperhatikan pengunjung ketika mereka meninggalkan komentar. Namun dalam kenyataannya dalam kolum komentar hanya meninggalkan pingback dan trackback. Dan ini menjadikan database kita bengkak. Point kesepuluh ini bisa menjadi alternative ketika kita enggan menginstall plugin WP-Optimize yaitu dengan cara men-disable pingback dan trackbacks.
disable pingback
  1. Pindah ke Dedicated Server
Sudah melakukan seperti yang saya sebutkan diatas namun website tetap lemot loadingnya. Mungkin Anda menggunakan Shared Hosting. Memang sih Shared hosting memiliki keuntungan karena mudah diakses dan harga terjangkau. Namun kekurangannya pada resource yang dibagi dengan user lain dan akhirnya langsung berebut satu dengan yang lain. Sederhananya, 1 hosting dipakai ramai-ramai banyak orang.
Berbeda kalau Dedicated Server, seseorang menyewa server di data center yang ditempati sendiri tanpa berbagi dengan orang lain. Dedicated Server menjadi tanggung jawab penuh penyedia server, dan pantas saja jika harganya lumayan mahal daripada shared hosting.
Alhamdulillah, setelah saya hitung sudah ada 11 tips yang saya tulis untuk mempercepat loading wordpress. Semoga bermanfaat.
PengusahaMuslim.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.
Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.
  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • REKENING DONASI : BNI SYARIAH 0381346658 / BANK SYARIAH MANDIRI 7086882242 a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Previous
Next Post »
0 Komentar