Contact Form

Name

Email *

Message *

Tips Mempercepat Loading WordPress Secepat Kilat (Bagian 1)

Posted: 26 Jan 2017 01:32 AM PST

Tips Mempercepat Loading Wordpres

Abaikan judulnya  saya yakin jarang ada web ketika dibuka secepat kilat. Saya menganggapnya judul hiperbola agar Anda tertarik membaca artikel ini.
Oleh: Joe M
Ketika saya mencari informasi di Google lalu mengklik web yang kita inginkan. Tapi setelah diklik, website tersebut loading lama dan tidak kunjung bisa dibuka. Dalam hatipun tentu kecewa. Dengan segera saya menutup website tersebut, lalu mencari web lain yang mudah diakses.
Begitulah gambaran psikologi seseorang berselancar di mesin pencari. Bahwa orang lebih memilih website-website yang mudah diakses, apalagi loadingnya super cepat.
Website berbasis wordpress paling banyak dipakai oleh pengguna saat ini, baik toko online, portal berita dan blog pribadi. Nah, disini kami akan memberikan tips mempercepat loading wordpress untuk membantu website Anda agar tidak ditinggal pengunjung seperti yang saya contohkan diatas.
  1. Baik kita mulai dari pengoptimalan gambar, Anda bisa lihat gambar dibawah ini

Menurut Soasta.com , file berbentuk gambar mempunyai pengaruh 62 persen dari sebuah halaman. Sangat besar bukan?
Kita mengakui bahwa gambar yang kita upload akan mempercantik website, disamping itu akan menguatkan keterangan sebuah web.
Namun kebanyakan orang sembarangan mengunggah gambar tanpa melihat ukuran pixel-nya. Bahkan sebagian besar halaman habis menampilkan gambar. Yang perlu kita perhatikan, semakin besar gambar maka akan membutuhkan bandwidth yang banyak. Dan yang lebih fatal memperlambat loading.
Lalu apa yang harus kita lakukan?
Agar beban wordpress lebih cepat, kita harus kompres gambar tersebut.
Caranya dengan menginstal plugin WP Smush. Plugin ini bertugas mengkompres ukuran file gambar tanpa mengurangi kualitas gambar tersebut.  Atau alternative lain menginstall plugin Lazy Load, plugin ini kurang lebih sama penggunaannya untuk kompres gambar.
Jadi gambar-gambar berukuran besar akan diperkecil ukurannya melalui metadata, sehingga memperingan kinerja web. Anda patut mencobanya..
  1. Gunakan CDN
CDN kepanjangan dari Content Delivery Networks adalah semacam jaringan statis yang bisa diakses berdasarkan lokasi terdekat.
Contoh sederhanya seperti ini; Server Hosting website kita berlokasi di Surabaya, ketika ada pengunjung datang dari Amerika. Maka CDN berfungsi mengarahkan pengunjung keserver terdekat di Amerika.
CDN akan menyimpan konten statis cache di server-server terdekat, sehingga pengunjung bisa mengakses semua gambar, stylesheet, javascripts, dll
  1. Diagnosa Website
Bagaimana cara mengetahui situs kita sudah optimal?
Pakai saja tool gratis bernama pindom (tools.pingdom.com), Anda tinggal memasukkan nama web dan klik. Tool speed test ini akan bekerja menganalisa peformasa situs Anda. Jika website Anda masalah, tool akan memberitahu apa saja yg perlu benahi.
Walau sederhana, tool ini terbilang komplit. Ada indikator nilai yang bisa kita lihat seberapa situs kita. Anda cukup lihat di menu "Load Time" untuk mengetahui kecepatan waktu yang dibutuhkan mengakses website. Semakin kecil angkanya, semakin cepat.

Bersambung insya allah…
PengusahaMuslim.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.
Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.
  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • REKENING DONASI : BNI SYARIAH 0381346658 / BANK SYARIAH MANDIRI 7086882242 a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Previous
Next Post »
0 Komentar