Contact Form

Name

Email *

Message *

Cara Membangun "Personal Branding" yang Baik

Oleh Hesti Pratiwi


http://www.lowker.web.id
Sukses sebagai eksekutif perusahaan, pengusaha, atau profesional membutuhkan personal branding yang baik. Eksekutif perusahaan papan atas, bintang Hollywood dan atlit kelas dunia telah lama melakukan hal ini. Sekarang, orang-orang cerdas di segala bidang menggunakan personal branding untuk bisa meraih sukses.
Seperti membangun brand dalam dunia komersial, keberhasilan Anda juga bisa didasarkan pada persepsi-persepsi orang lain tentang Anda. Berikut kiat efektif dalam membangun personal branding yang baik dari  Catherine Kaputa dalam bukunya: You Are A Brand.

1. Punya ciri khas 

Anda bisa mengolok-olok gaya rambut Donald Trump sesuka hati, tapi itu bagian penting dari trademark-nya yang membedakan dia dari orang lain. Ciri yang membuat orang langsung ingat dia. Mengembangkan gaya khas Anda adalah taktik yang bagus untuk personal branding, bisa disamakan dengan logo pada suatu produk. Tapi tentu saja harus tetap diimbangi dengan membangun identitas karier melalui prestasi, atau pengalaman yang kaya dalam bidang Anda.


Baca juga : Enam Cara Mudah Untuk Go Green di Kantor

2. USP (Unique Selling Proposition) 


Sebuah USP memberikan brand value proposition yang menarik dan unik dengan target pasarnya. Hal ini juga dapat diterapkan pada diri Anda. Anda harus dapat memunculkan hal istimewa yang membedakan Anda dari orang lain, dan menetapkan persamaan nilai tentang kemampuan Anda ketika Anda pitching diri sendiri untuk pekerjaan, promosi, atau kontrak kerja freelance. Misalnya, Anda seorang peneliti pasar, tetapi bukan peneliti biasa, melainkan seorang peneliti yang mengkhususkan diri dalam konsumen anak muda atau tentang preferensi pembelian mereka.


3. Sedikit terkenal melalui media sosial bukan hal yang merugikan

Visibilitas penting dalam dunia produk. Itulah mengapa perusahaan menghabiskan begitu banyak uang untuk iklan, PR dan kampanye media sosial. Hari ini, dengan adanya media sosial seperti LinkedIn, dan bahkan Facebook, ada lebih banyak kesempatan untuk mulai meluncurkan kampanye Anda. Anda dapat membangun profil online Anda dan blog tentang topik yang menarik di seluruh platform sosial seperti Medium atau Kompasiana.Anda juga dapat aktif pada tingkat pribadi dalam industri Anda, perusahaan Anda, atau komunitas Anda. Orang-orang akan meng-google Anda dan mereka akan menemukan, brand image yang konsisten dan kuat. Anda akan menemukan visibilitas yang membawa manfaat besar. 


Baca juga : 3 Mitos Karier yang Justru Bisa Menjerumuskan Anda

4. Investasi untuk mengembangkan keterampilan presentasi yang kuat


Brand komersil  memiliki kemewahan untuk mampu menyewa aktor dan selebriti dalam berpromosi. Jika Anda tidak nyaman berbicara di depan orang banyak untuk menyampaikan ide-ide, bahkan dalam rapat sekalipun, berarti Anda punya masalah yang bisa merugikan.Nah, mulailah menyisihkan waktu untuk berlatih bicara, atau mengambil kursus-kursus keterampilan presentasi atau secara online. Semakin baik lisan Anda, dan semakin percaya diri dalam menyampaikan, semakin sukses Anda nantinya. 


5. Selalu memperluas jaringan Anda


Anda tidak dapat mencapai kesuksesan karier sendirian, dan Anda tidak dapat melakukannya tanpa perencanaan. Brand Manager bertugas untuk mengembangkan rencana pemasaran langkah-demi-langkah untuk mencapai tujuan dan Anda sebaiknya juga begitu. Rencanakan aksi pemasaran pribadi Anda meliputi: tujuan, target pasar, kerangka waktu, taktik tertentu,dan pengukuran. Demikian juga, Anda harus menyiapkan langkah-langkah tindakan tertentu untuk mencapai tujuan Anda.


Baca juga : Jangan Pernah Mengajukan Lima Pertanyaan Ini Saat Interview

sumber : qerja.com


Dapatkan Lowongan Kerja Terbaru area Sulawesi lainnya, klik di bawah ini :
Lowongan Kerja Terbaru area Sulawesi

http://4.bp.blogspot.com/-LRcbR5duUno/VovI0T6KkwI/AAAAAAAAAkI/BnLjj15Me7o/s1600/logo%2Bkarirpad%2B%2528249x40%2529.png

Previous
Next Post »
0 Komentar