Contact Form

Name

Email *

Message *

Telegram Messenger

https://telegram.org/
Perkembangan aplikasi messenger dengan munculnya berbagai ragam variasi. Sebelumnya ada MSN Messenger, Yahoo Messenger (YM), Gtalk. Belakangan ini telah menjadi trend di pasaran, seperti BBM, KakaoTalk, WeChat, LINE, WhatsApp. Saat ini muncul pendatang baru dalam soal aplikasi messenger, dan aplikasi ini telah dapat menyaingi Whatsapp, yaitu Telegram Messenger.


Telegram diciptakan oleh Pavel Durov dan Nikolai Durov, pendiri VK.com, situs media sosial terbesar di Rusia. Telegram hadir menawarkan keamanan, kecepatan dan fitur pesan rahasia (secret chat), dapat mengirim berkas lebih dari 1 GB, dan hadir dengan sebuah fitur menarik berupa enkripsi pesan. Dengan fitur tersebut, bisa berkirim pesan dengan safe tanpa perlu takut terjadinya kebocoran.
Dengan fitur security chat nya yang dikatakan lebih secure. Selain itu Telegram dapat membuat group chat hingga maksimum 200 orang. Telegram juga dikatakan mampu melakukan transfer file hingga berukuran 1 GB.

Fitur pesan yang terenkripsi ini bisa dimanfaatkan dengan memilih menu Secret Chat, yang tersedia di dalam opsi New Messages (dipojok kanan atas). Jika sudah dipilih, kita bisa menentukan dengan siapa ingin ngobrol, setelah itu, tunggu hingga dia online. Kita juga bisa mengaktifkan Secret Chat langsung dari dalam ruang pembicaraan.

Fitur pembunuh lainnya yang juga ada di Telegram Messenger adalah self destruct. Dengan fitur ini, pesan yang kita kirimkan di dalam Secret Chat bisa hancur dengan sendirinya, setelah melewati batas waktu yang kita tentukan. Katakanlah kita memasang waktu 5 menit, maka tiap lewat 5 menit, pesan akan terhapus. Pastikan kita berada di dalam Secret Chat untuk mengaktifkan fitur ini, dan jika sudah, tap foto yeman lalu pilih Self-Destruct Timer. Tentukan berapa lama yang kita inginkan hingga pesan itu hancur, apakah 2 detik, 5 detik, 1 menit atau 1 minggu? Up to you, pilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Di tempat yang sama buat mengatur Self-Destruct Timer kamu juga bakal menemukan kunci enkripsi (encryption key) yang berfungsi mengkonfirmasi keamanan pesan.
Telegram Messenger memang layak dicoba karena adanya fitur enkripsi di dalamnya, kita bisa berkirim pesan dengan aman tanpa perlu takut mengalami kebocoran pesan atau dimata-matai.
Selain karena adanya fitur enkripsi, Telegram Messenger hadir sebagai aplikasi gratis. Ia juga tersedia buat platform Android, membuat hubunganmu dengan teman-teman yang tidak menggunakan perangkat iOS bisa berjalan lancar.
Untuk mengunduhnya, silahkan buka:
  • iOS ==> https://itunes.apple.com/app/telegram-messenger/id686449807
  • Android ==> https://play.google.com/store/apps/details?id=org.telegram.messenger
  • Windows PC ==> https://desktop.telegram.org
  • Mac OSX ==> https://itunes.apple.com/us/app/messenger-for-telegram/id747648890
  • WIndows Phone ==> https://www.microsoft.com/id-id/store/apps/telegram-messenger/9wzdncrdzhs0
  • Web-version ==> https://web.telegram.org
Keunggulan :
  • Gratis. Karena bentuknya adalah proyek non-komersial dari pendirinya.
  • Tidak ada iklan.
  • Cepat. Karena server Telegram ini berada di seluruh dunia dan mendeteksi lokasi terdekat dari pengguna disuatu negara.
  • Menggunakan Protokol MTProto yang diciptakan sendiri untuk keperluan Telegram ini.
  • Unlimited Cloud Storage. Media penyimpanan tak terbatas didalam cloud ini adalah salah satu nilai lebih Telegram. Pengguna dapat mengunggah foto/video/berkas sampai dengan ukuran 1 GB.
  • Grup Chat. Fitur ini dapat menampung sampai dengan 200 peserta didalam 1 grup. Dan saat berkirim pesan di dalam grup, akan terlihat berapa peserta yang sedang online serta kapan terakhir ia online.
  • Pesan rahasia (secret chat). Fitur ini memungkinkan pengguna Telegram untuk mengirimkan pesan yang dapat diatur waktu untuk otomatis terhapus sendiri. Selain itu pesan rahasia ini tidak tersimpan didalam server Telegram karena bentuknya antara pengguna ke pengguna yang juga terenkripsi (end-to-end encryption).
  • Bisa kirim file bukan hanya video atau foto saja, kita bisa juga mengirimkan dokumen seperti Excel, Word, dll.
  • Telegram juga dapat digunakan di berbagai perangkat dengan hanya menggunakan 1 nomer selular. Ketika login di perangkat lain dengan nomer yang sama, akan dikirimkan kode melalui sms. Dan hebatnya, semua akan tersinkron. Hal tersebut karena Telegram adalah berbasiskan awan (cloud-based). Bahkan sinkronisasinya sampai dengan pesan terakhir yang sudah kita baca disalah satu gawai, akan terbaca pula di gawai lain.
Saat ini saya menggunakan Telegram di Windows Phone dan PC, dengan menggunakan 1 nomer selular saja. Dan kesemuanya itu berjalan dengan sinkronisasi yang baik. Jika saya sudah membaca pesan baru di salah satu perangkat yang saya pakai, maka ketika saya buka di perangkat lainnya hanya memberikan notifikasi sisa pesan yang belum saya baca.

Semoga bermanfaat...


Baca juga :

Previous
Next Post »
0 Komentar