Contact Form

Name

Email *

Message *

4 Trik Menulis CV Jika Anda Tidak Punya Pengalaman Kerja

Info Lowongan Kerja Terbaru area Sulawesi
LowKer Sulawesi - Apakah Anda para fresh graduate yang berniat melamar sebagai pegawai magang atau pekerjaan tetap? Anda jangan keburu kecil hati karena tidak punya pengalaman kerja. Ikuti petunjuk menulis CV ini jika Anda belum punya pengalaman.

1. Tampilan Rapi
Jika CV Anda tampak berantakan, pihak perusahaan juga enggan membacanya dan bisa-bisa CV Anda langsung dikesampingkan untuk masuk tong sampah. Kecuali Anda melamar untuk posisi kreatif seperti desain, gaya dan estetika tidak perlu menjadi prioritas Anda.
Selalu gunakan font yang terbaca jelas dan hindari menggunakan bermacam-macam warna. Pilihan paling aman adalah font normal dengan ukuran 12. Poin ini berlaku untuk semua CV, dengan pengalaman maupun tanpa pengalaman.

2. Kembangkan Bagian Pendidikan
Jangan hanya menuliskan nama sekolah dan tahun kelulusan Anda. Isi bagian informasi pendidikan dengan kegiatan yang Anda ikuti selama di sekolah, termasuk ekstrakurikuler, tim, apa saja yang Anda lakukan yang Anda rasa relevan dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar. 
Mungkin aktivitas Anda di ekskul Paskibra melatih Anda menjadi lebih disiplin, kesibukan Anda mengikuti klub fotografi di kampus membuat Anda memiliki skill tambahan, dan sebagainya. Jika Anda bergabung dengan klub atau organisasi, tuliskan juga posisi dan kewajiban Anda. Dengan adanya pengalaman berorganisasi, Anda akan menunjukkan kemampuan sebagai seorang team player.

3. Jabarkan Semua Keahlian 
Hanya karena Anda belum pernah bekerja secara resmi, bukan berarti Anda tidak punya keahlian yang dapat berguna di lapangan kerja. Anda hanya perlu 'memolesnya' agar menjadi fitur relevan yang menarik perhatian pihak perusahaan, semisal fotografi, komputer, atau kepiawaian Anda di ranah media sosial. Silahkan ceritakan bagaimana pengalaman tersebut menunjukkan keahlian Anda di suatu bidang.

4. Cantumkan Prestasi, Lomba, dan Penghargaan
Pernah mengikuti lomba atau mendapat penghargaan? Tuliskan saja! Jangan lupa juga untuk menjabarkan prestasi yang Anda capai selama waktu Anda jika Anda bergabung dengan klub maupun anggota organisasi, misalnya peran Anda saat mengatur kegiatan atau acara sekolah.

Semoga bermanfat.


Sumber : Qerja.com


BACA JUGA:


5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Sebelum Wawancara Kerja


Previous
Next Post »
0 Komentar